Pengalaman Tes dan Interview di PT. Bumi Menara Internusa

PT. Bumi Menara Internusa

         Assalamualaikum, kali ini aku mau share pengalaman aku ikut seleksi pegawai di PT. Bumi Menara Internusa yang berlokasi di Jl. Margomulyo No. 4E, Kota SBY, Jawa Timur. Karena basic jurusan perkuliahan aku di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk perusahaan ini sih aku sudah sangat familiar ya. secara perusahaan ini adalah salah satu perusahaan bergerak sebagai supplier dan produksi frozen fish, crab, and shrimp terutama di wilayah Jawa Timur. untuk Marketing Range nya sendiri sudah sampai ekspor ke Eropa, Jepang, Australia, Amerika, dan lain sebagainya. Kalau mau tahu lebih jauh bisa google sendiri ya atau cek di website resminya.

          
          Dimulai dari yang pertama aku apply lamaran dari salah satu Jobs website yaitu J*bstr**t. Tau lah ya? Job seeker pasti tau website ini deh. Setelah 1-2 minggu  dari pertama aku apply aku lupa tepatnya, ada sms dari HRDnya untuk ikut Psikotes jam 8 pagi di kantornya Surabaya. Saat itu bagian yang aku apply adalah bagian "staff executive Committee". Jujur sebenaranya untuk jobdesk secara jelas dari posisi ini aku gak tau. huaaaaa.  Seneng deh dan juga deg-degan karena ini pengalaman pertama aku ikut psikotes semenjak dari yudisium aku beberapa minggu yang lalu. langsung aja deh aku cari info-info dari temen-temen yang berpengalaman sering psikotes. hihii

          Saat itu aku posisi di Malang berangkat jam 4.30 Pagi ke Surabaya dengan mengendarai sepeda motor. Alhamdulillah sampai disana masih jam 7.30 jadi cukup lah ya buat aku sarapan dulu. Jangan lupa ya guys kalau mau Psikotes itu sarapan dulu. pokoknya itu penting banget !!!. Langsung saja masuk sana lapor ke satpamnya dan kita dikasih semacam kartu gitu yang kita tukerin dengan KTP. Masuklah aku ke kantor lapor ke resepsionistnya dan dijemput sama HRDnya. Pada saat itu ada sekitar 10 orang yang ikut tes juga. Ruangan psikotesnya cukup jauh ya kemarin, jadi aku sampai masuk-masuk ke ruang kerja, lewat di lokasi produksi, kemudian masuk ke kantin. Untuk ruangan tes nya sendiri di pojok kantin. Tenang aja ruangannya nyaman kok ber AC semacam ruang seminar gitu lah.
         Sebelum Psikotes dimulai, kita diminta untuk mengisi form tentang biodata, keluarga, pendidikan, skil, pengalaman, gaji yg diminta, semacam itulah ya pokoknya. Setelah itu psikotes dimulai dari soal Logika Penalaran kurang lebih 20-30 soal. Kemudian Logika Aritmatika kurang lebih 30 soal. Selanjutnya Analog verbal, Daya ingat, dan Pauli. Dan yang terakhir yang jumlah soalnya paling banyak yaitu sebanyak kurang lebih 250 soal adalah EPPS. Soal ini adalah yang paling banyak memakan waktu. Pada saat tes entah kenapa aku yang duluan selesai karena udah capek banget waktu itu dan kira-kira aku selesai pukul 12.00 siang dari psikotes yang dimulai pukul 09.00. Setelah itu langsung pulang deh aku.

         Setelah kira-kira satu minggu dari psikotes aku dapat sms kalau aku lolos dan diminta untuk melakukan interview user. Namun saat itu aku dipindah di bagian Admin Marketing. yaaa kemudian aku terima dan aku coba untuk datang interview. 

         Sampai disana ada 4 orang yang bareng interview dan dari yang aku tanya semuanya juga dipindah ke bagian admin marketing. Saat itu kami diminta untuk datang ke kantor bagian "Crabs" yang letaknya di seberang dari kantor pusat. Langsung saja kami diminta untuk masuk ke sebuah ruang rapat dan diminta untuk mengisi sejumlah 4 soal yang isinya mengenai permasalahan soal cerita matematika gitu lah. Bisa dihitung kok pakai kalkulator HP hehe. kemudian sambil mengerjakan soal ada beberapa yang dipanggil untuk interview dan aku dapat giliran nomor 2. Awalnya aku deg-degan banget sampai gemetaran hehe. terus lama kelamaan rileks juga karena interviewer sangat ramah. Saat itu aku di interview 1 ibu sebagai user dan 1 bapak. 

         Pertanyaan pertama aku diminta untuk memperkenalkan diri aku dari profil, asal, pendidikan, organisasi, dan pengalaman kerja. Kemudian ditanyain juga tentang skil bahasa inggris aku. Setelah selesai Ibunya menjelaskan secara detail tentang job desk tentang bagian yang aku lamar sambil menanyakan tentang kepribadian aku apakah aku bosenan, pemarah, dan sebagainya. Selesai deh interview aku. dan selanjutnya setelah interview user akan ada interview dengan CEO perusahaan yang disana kan dijelaskan mengenai gaji, fasilitas, dan lain sebagainya. 

         Itu saja ya dari aku, untuk kelanjutannya aku akan update kok. Kalau ada teman-teman yang kepanggil disana gak ada salahnya dicoba karena perusahaan ini sangat bonafit dan jumlah karyawannya sendiri sudah banyak sekali. Sekian dan Wassalamualaikum . . . .


           






        

CONVERSATION

2 komentar:

  1. hallo sis, mau tanya dong gimana kelanjutannya apakah keterima sis nya?

    BalasHapus
  2. Waww pasti deg-deg an banget!?!

    BalasHapus

Back
to top